Hurstville Chinese New Year Festival 2008

Chinese New Year dirayakan oleh orang Cina dan juga para perantauan untuk memperingati datangnya musim semi. Tapi jadi kurang nyambung sebetulnya bagi kita yang tinggal di Southern Hemisphere (Belahan bumi selatan) karena saat yang sama sebetulnya yang kita sambut bukannya musim semi tapi justru malah musim gugur. BTW Apapun itu... Cina perantauan disini tetap merayakan dihari sama.

Nah sekarang cerita soal Sydney dan Chinese New Year. Di Sydney City sendiri sebetule ada Chinatown yang letaknya deket dengan Darling Harbour. Tapi kalo ngomongin Chinatown yang sebenarnya adalah bukan di City tapi justru di sebuah suburb yang ada di sebelah selatan Sydney City. Suburb tersebut namanya adalah Hurstville. Nah di Suburb ini mayoritas penduduknya adalah orang cina dan keturunannya. Sehingga jangan heran kalo ke suburb ini bakal jarang ketemu orang western :-)


View Larger Map

Nah Chinese New Year 2008 jatuhnya tanggal 7 February 2008 hari Kamis. Sayangnya di Australia hari itu enggak dibikin hari libur. Wah coba Gus Dur yang jadi PM sebulan saja sebelum Kevin Rudd menggantikannya pasti kita ketambahan libur sehari lagi deh ..he..he..he..

Nah karena enggak libur kamisnya, maka acara dikonsentrasikan ke hari Sabtu sebelonnya yaitu tanggal 2-February-2008. Hari ini sengaja sepanjang Forest Road di Hurstville ditutup dan dibuat mirip pasar kaget gitu. Walhasil jadi padet banget yang jalan kaki disitu untuk lihat pasar kaget.







Deng... dombyeng.......dombyeng...dombyeng....dombyeng... suara nyaring terdengar dari barisan naga yang lagi show di Hurstville.


Tarian nagapun digelar, seru banget ... sayang gak bisa lihat dari deket karena usel2an dan penuh banget. Semua orang pingin lihat dari deket.


Habis nonton barongsai kita makan Empek2 Palembang yang ada di Hurstville.


Eh... Lunch belon habis, gerimis datang .... weleh2 padahal kita maem di Park gitu... jadi ya sempet panik. Patrick sama Steven sampai payungan dulu... untung gak jadi hujan. Gerimis cuman 5 menit aja.

0 Response to "Hurstville Chinese New Year Festival 2008"

Post a Comment

Powered by Blogger